Produsen Makanan Beku Jakarta

Saat ini, makanan beku atau frozen food menjadi produk yang digemari oleh masyarakat, terutama untuk wanita karir yang tidak sempat untuk memasak. Makanan beku ini banyak sekali kita temukan, baik di pasar tradisional ataupun pasar modern seperti halnya di supermarket. Produk makanan beku ini menjadi favorit karena sifatnya yang praktis, tahan lama, dan dapat diolah sesuai dengan keinginan kita. Meskipun makanan beku memiliki beberapa kelebihan, tetapi kita tidak boleh terlalu sering mengkonsumsinya, karena nilai gizi dari produk makanan ini belum tentu terjamin baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kita tidak boleh terlalu lama menyimpan makanan beku, karena lambat laun kandungan gizi di dalamnya akan semakin menghilang dan tidak layak dikonsumsi. (Lihat juga: Agen Makanan Beku )

Kami merupakan perusahaan yang menyediakan sekaligus membuat produk makanan beku yang akan di pasarkan langsung ke konsumen ataupun didistribusikan ke perusahaan atau agen lainnya. Produsen makanan beku terpercaya, dengan kualitas dan mutu produk terjamin serta halal untuk dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Meskipun merupakan produk makanan beku, tetapi produk yang kami jual ini terjamin kesehatan dan kebersihannya, serta halal dan terbebas dari bahan – bahan pengawet buatan atau kimia. Dalam pembuatan makanan beku, kita tidak bisa sembarang dalam setiap prosesnya. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai makanan beku. Berikut ini adalah pemaparannya. (Lihat juga: Jual Makanan Beku )


Metode Pembekuan

Dalam proses pembuatan makanan beku, terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan terutama untuk jenis makanan laut atau seafood. Tujuan utama dari adanya makanan beku adalah untuk mendapatkan cara yang efektif, efisien, dan praktis dalam mengolah makanan. Selain itu, makanan beku lebih cepat dan mudah diolah terutama dalam hal yang memerlukan waktu yang singkat. Proses pembekuan ini bekerja dalam suhu yang dingin sehingga dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri atau mikro organisme lainnya yang ada pada makanan. Proses pembekuan ini secara keseluruhan tidak akan membunuh mikro organisme, tetapi akan menghambat dan memperlambat pertumbuhan bakteri sementara waktu. Ketika makanan beku dipindahkan ke tempat yang memiliki suhu tinggi, maka bakteri yang ada dalam makanan tersebut akan tumbuh kembali. Agar proses pembekuan berjalan secara efektif, sebaiknya gunakan suhu yang sangat dingin sehingga mempercepat proses pembekuan. (Lihat juga: Siomay Ayam Toping Crab Stick )

Proses Pembekuan

Ketika proses pembekuan berlangsung, maka terjadi beberapa perubahan pada makanan tersebut. Hal tersebut dikarenakan makanan yang akan dibekukan tersebut mengalami kontak dengan udara yang ada disekitarnya. Oleh sebab itu, sebelum makanan dibekukan sebaiknya dikemas terlebih dahulu secara rapat dan pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam kemasan tersebut. Jika makanan yang akan dibekukan mengandung banyak lemak, ada baiknya jika lemak tersebut dihilangkan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan lemak tersebut dapat menimbulkan makanan tersebut menjadi tengik. Selain itu, tekstur dari makanan yang dibekukan tersebut akan mengalami beberapa perubahan ketika lemak pada makanan ikut dibekukan. Adanya perubahan tersebut akan menyebabkan kerusakan pada dinding sel yang ada pada makanan. Terutama jika makanan tersebut tidak dikemas terlebih dahulu ketika akan dibekukan maka timbul freezer burn, dimana hilangnya cairan yang ada dalam makanan. Hal ini tidak menimbulkan kerugian apapun hanya saja akan membuat makanan menjadi kering dan mengurangi rasa dari makanan. (Lihat juga: Siomay Ikan )

Kelebihan Pembekuan

Makanan beku atau yang telah dibekukan memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah untuk mengawetkan makanan secara alami tanpa menggunakan bahan pengawet yang terbuat dari bahan kimia. Bahan pengawet kimia menimbulkan dampak negatif bagi tubuh apabila dikonsumsi, terutama jika terlalu sering dikonsumsi. Selain itu, terdapat beberapa kelebihan lainnya yang dimiliki makanan beku, yaitu sebagai berikut: (Lihat juga: Distributor Makanan Beku Murah )

  • Lebih aman, karena dengan proses pembekuan makanan tersebut dapat dibekukan secara alami dengan menggunakan suhu dingin atau beku. Selain itu, kita tidak perlu menambah bahan pengawet buatan yang menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.
  • Lebih menghemat biaya, karena untuk mengawetkan makanan dengan cara dibekukan kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar, dan waktu yang dibutuhkan pun relatif lebih cepat dan singkat jika dibandingkan dengan metode pengawetan makanan lainnya. (Lihat juga: Distributor Makanan Olahan Ikan Laut )
  • Tidak banyak kandungan nutrisi yang hilang apabila makanan diawetkan dengan cara dibekukan. Lain halnya jika kita mengawetkan makanan dengan cara dikeringkan, hal ini dapat membuat kandungan nutrisi yang ada pada makanan lebih banyak yang hilang karena proses pemanasan yang tinggi. Oleh sebab itu lah, proses pembekuan dapat mempertahankan kualitas dan mutu dari makanan.
  • Dapat bertahan lebih lama, terutama untuk beberapa jenis bahan makanan tertentu dapat bertahan hingga satu tahun. Untuk menjaga agar makanan tersebut tidak tengik atau rusak, pastikan bahwa suhu di dalam freezer berada dalam -18 derajat celcius, sehingga bahan makanan pun awet dan tahan lama.
  • Praktis dan efisien, dikarenakan kita tidah harus membersihkan bagian makanan yang masih kotor seperti pada sayuran ataupun daging. Biasanya, makanan beku yang kita dapatkan bisa langsung diolah karena kondisinya sudah siap pakai. (Lihat juga: Siomay Vegetarian )

Proses Pembekuan

Ketika proses pembekuan berlangsung, maka terjadi beberapa perubahan pada makanan tersebut. Hal tersebut dikarenakan makanan yang akan dibekukan tersebut mengalami kontak dengan udara yang ada disekitarnya. Oleh sebab itu, sebelum makanan dibekukan sebaiknya dikemas terlebih dahulu secara rapat dan pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam kemasan tersebut. Jika makanan yang akan dibekukan mengandung banyak lemak, ada baiknya jika lemak tersebut dihilangkan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan lemak tersebut dapat menimbulkan makanan tersebut menjadi tengik. Selain itu, tekstur dari makanan yang dibekukan tersebut akan mengalami beberapa perubahan ketika lemak pada makanan ikut dibekukan. Adanya perubahan tersebut akan menyebabkan kerusakan pada dinding sel yang ada pada makanan. Terutama jika makanan tersebut tidak dikemas terlebih dahulu ketika akan dibekukan maka timbul freezer burn, dimana hilangnya cairan yang ada dalam makanan. Hal ini tidak menimbulkan kerugian apapun hanya saja akan membuat makanan menjadi kering dan mengurangi rasa dari makanan. (Lihat juga: Grosir Makanan Beku )

Perencanaan Pembekuan

Jika kita akan membekukan makanan untuk selanjutnya di pasarkan ke konsumen, sebaiknya dilakukan suatu perencanaan yang baik dan maksimal. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penataan atau penempatan produk yang akan dijual. Metode penempatan produk makanan yang baik adalah dengan metode FIFO atau First In First Out, dimana produk makanan yang pertama kali disimpan lebih awal harus dikeluarkan terlebih dahulu untuk dijual dan dikonsumsi oleh konsumen. Untuk memudahkan penataan tersebut, gunakan keranjang ataupun rak agar penataan produk lebih efektif dan efisien. Kemudian atur posisi setiap produk sesuai dengan kelompok atau golongannya. (Lihat juga: Supplier Makanan Beku )

Pengemasan

Agar kualitas dan mutu dari produk dapat terjaga dengan baik, maka diperlukan suatu pengemasan yang baik pula. Karena tujuan utama dari pengemasan produk adalah agar makanan tersebut terlindungi dari berbagai suhu yang ada disekitarnya ketika disimpan selama beberapa waktu. Pengemasan harus dilakukan secara tepat agar kondisi fisik, kandungan nutrisi, serta rasa yang ada di dalam makanan tersebut tetap terjaga. Selain itu, gunakan kemasan yang sesuai dengan ukuran makanan tersebut agar makanan dapat membeku dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa ciri dari pengemasan makanan yang baik, terutama makanan beku: (Lihat juga: Jual Pao Isi Ayam Tradisional )

  • Dapat menahan air dan mencegah terjadinya penguapan.
  • Kemasan tidak mudah rusak, seperti kemasan yang mudah pecah atau retak ketika berada dalam suhu yang dingin.
  • Kemasan yang digunakan tidak meninggalkan aroma bau dan tidak memiliki rasa.
  • Dapat digunakan dengan mudah, serta harus diberi label dan ditutup secara rapat.
  • Tidak memakan banyak tempat dan relatif murah. (Lihat juga: Supplier Bakpao Jakarta )

Produsen makanan beku dan beberapa hal tentang pembuatan makanan beku. Jika Anda berminat untuk memesan dan membeli produk kami, silakan menghubungi kontak yang tersedia di website ini. Semoga bermanfaat. (Lihat juga: Jual Salmon Beku )

, ,
Hubungi Kami

Sinar Terang Seafood

Budi Indah, Jl Sumeru No.15
Daan Mogot Km 18
Marketing :
Phone : (021) 5415629
Call / Wa : 0815 100 200 89
Call / Sms : 0811 8700 889
Marketing Dimsum
Pin BB : D3AE0676 / WA : 081513098809